BEWARA!
You are here: Home >> Berita Sumedang >> Patung Pangeran Kornel Cocoknya di Gedung Negara

Patung Pangeran Kornel Cocoknya di Gedung Negara

Sumber: PR Online
Foto: Sumedang Daily Photo
SUMEDANG, Pihak Museum Prabu Geusan Ulun (MPGU), Yayasan Pangeran Sumedang (YPS), akan meneliti lebih jauh sekaligus mempertanyakan keberadaan patung lama Pangeran Kornel yang kini ada di kampus Faperta –Rektorat Universitas Winaya Mukti (Unwim), Kec. Tanjungsari. Patung Pangeran Kornel yang saling berhadapan dan berjabat tangan menggunakan tangan kiri dengan Gubernur Jenderal Hindia Belanda Herman Willem Deandels tersebut, dari dulu menjadi ikon Jalan Cadas Pangeran dan salah satu ikon Kab. Sumedang.
Pihak MPGU YPS menilai, patung lama Pangeran Kornel dinilai tidak cocok bahkan tidak ada korealisasi sejarahnya apabila akan dipajang di gerbang kampus Unwim. Patung tersebut lebih cocok ditempatkan di pintu gerbang Gedung Negara Pemkab Sumedang. Selain sesuai dengan nilai sejarahnya, juga bisa memperkuat filosofi Sumedang Puseur Budaya Sunda (SPBS).
“Justru, sebelumnya saya sudah berancana akan meneliti lebih jauh kenapa patung lama Pangeran Kornel ada di kampus Unwim. Sebab kalau mau dipajang di sana, tidak ada kaitan sama sekali dengan sejarah Pangeran Kornel. Dalam waktu dekat, kita akan datang ke Unwim untuk menanyakan hal itu. Kita juga sekalian akan membawa data-data sejarah tentang Pangeran Kornel, termasuk kaitan sejarah ketika membuat Jalan Cadas Pangeran. Terlebih sebelumnya, pihak Unwim tidak pernah berkoordinasi dengan kita,” ujar Ketua Museum Prabu Geusan Ulun (MPGU) Yayasan Pangeran Sumedang (YPS), Achmad Wiriatmadja ketika ditemui di Gedung Srimanganti, Sumedang, Senin (18/6/12).

“Jadi, kita harus menempatkan sesuatu secara proporsional. Kalau pihak Unwim mau menempatkan patung di gerbang kampus, cocoknya patung Pangeran Aria Suria Atmadja (1883-1919). Sebab, dulu Pangeran Aria mendirikan Landbouw School atau sekolah pertanian tahun 1914. Sampai sekarang, tempatnya dikenal dengan sebutan Bojongseungit. Sedangkan patung Pangeran Kornel, cocoknya di gerbang Gedung Negara. Dalam sejarah, Pangeran Kornel lahir dan wafat di sini (Sumedang). Bahkan berjuang dan menjadi Bupatinya juga di sini. Oleh karena itu, kalau ditempatkan di gerbang Gedung Negara, aura sejarah dan budayanya akan lebih terasa,” kata Achmad. (A-67/A-88)***
.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top
More in Berita Sumedang (530 of 534 articles)