BEWARA!
You are here: Home >> Berita Sumedang >> Warga Desa Karedok Waswas Jika Proyek Waduk Jatigede Rampung
Warga Desa Karedok Waswas Jika Proyek Waduk Jatigede Rampung

Warga Desa Karedok Waswas Jika Proyek Waduk Jatigede Rampung

JATIGEDE, Warga Desa Karedok, Kecamatan Jatigede, was­was jika saja pembangun­an Proyek Waduk Jati­gede (PWJ) rampung. Pa­salnya, letak geografis De­sa Karedok berada tepat di bawah bendungan. Yang ditakutkan warga memang beralasan jika saja bendungan itu tak ku­at menahan air atau ada gejala alam yang tidak dinginkan, maka wilayah Desa Karedok akan terli­bas air.

“Wajar warga merasa takut dan waswas, karena kami kan berada tepat di bawah bendungan. Mung­kin secara teknis bisa tergaransi jika bendungan itu akan kuat, tapi jika fak­tor alam yang bicara atau misalnya bendungan tersebut jebol, maka kami akan tenggelam,” ujar Ka­des Karedok, Ujang Ru­hi­at, Kamis (1/11). Seraya me­nyebutkan jarak dari bendungan utama ke pe­mukiman sekitar 2 kilo­me­ter.

Ketakutan itu, ujar Ujang, sudah sering di­sampaikan warga, bahkan warga sebenarnya berke­inginan dipindahkan ke tem­pat yang jauh dari tem­pat sekarang.“Keinginan warga sih be­gitu, tapi kita juga tak bi­sa mengambil kebijak­an, namun memang kei­nginan itu beralasan, se­bab saya pribadi juga ya me­rasakan waswas,” ung­kap Ujang.

Menurut Ujang, keluh­an masyarakat sudah di­sampaikan kepada pihak PWJ dan PU, bahkan su­dah disampaikan pula ke DPRD Sumedang.

“Sebenarnya pihak-pi­hak tersebut sudah men­da­tangi kami, namun me­reka (pihak PU, PWJ dan DPRD Sumedang) malah menjamin bahwa ben­dung­an itu aman dan akan bertanggung jawab ji­ka terjadi sesuatu,” te­rang Ujang.

Namun demikian, ung­kap Ujang, warga masih ra­gu terhadap jaminan ter­sebut, karena warga terus dihantui perasaan waswas.

“Karena banyak juga orang yang menga­takan bahwa bendungan di areal patahan, sehingga dipre­diksi tak akan kuat, dan itu­lah yang menjadi­kan ka­mi waswas, terus apa bi­sa menjamin faktor alam, semua kan bisa terjadi,” ungkap salah seorang warga yang tak mau disebut namanya.

Keinginan warga me­mang tidak berlebih, me­reka ingin dipindahkan ke tempat yang lebih tinggi yang tak jauh dari areal wi­layah Karedok.

“Ada lahan yang lebih tinggi di dekat Pajagan Ci­situ, itu juga masih masuk wilayah Karedok,” ujar Sanda, warga Dusun Satu.

Warga berharap kondisi ini menjadi perhatian pi­hak terkait agar mengambil langkah-langkah yang bisa menenangkan warga Desa Karedok.

Sumber: Kabar Priangan

3 comments

  1. sebaiknya jaminan yang disebut oleh pihak terkait di atas bukan merupakan jaminan lisan, tetapi merupakan jaminan secara tertulis supaya ada kekuatan hukum bagi masyarakat DESA KAREDOK !!

  2. kita lihat kesigapan pemerintahan kita, pedulikah thd warganya? Masih teringat jelas tragedi situ gintung, apakah akan menunggu tragedi situ gintung part 2?? Wallahualam…

  3. Betul,kalau bisa desa karedok dipindahkan (bedol desa),karena tiap kali saya pulkam.selalu saja was was…. Begitu juga keluarga disana.mohon pemerintah tanggapannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top
More in Berita Sumedang, Jatigede (346 of 535 articles)