BEWARA!
You are here: Home >> Berita Sumedang >> Minat Usaha di Sumedang Tumbuh Pesat
Minat Usaha di Sumedang Tumbuh Pesat

Minat Usaha di Sumedang Tumbuh Pesat

SUMEDANG – Minat usaha di Kabupaten Sumedang terus tumbuh setiap tahunnya. Hal ini terlihat dari Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) di Kota Tahu ini. Setiap tahun, LPE bertambah. Kini, angka LPE di Sumedang mencapai 4,76% .

Kondisi ini tercipta di antaranya lantaran semakin tumbuhnya usaha kecil menengah dan mikro. Pada 2013, jumlah UMKM diprediksi meningkat 40-60%.

“Total UMKM yang ada di Sumedang adalah 6.872 usaha,” kata Suharna, Kasubid Program Dinas KUMKM Sumedang, Kamis (27/6/2013).

Suharna mengakui, peningkatan UMKM ini berkontribusi besar terhadap lajunya pertumbuhan ekonomi di Sumedang. Meski begitu, belum semua lapangan usaha meningkat signifikan.

Menurut Suharna, ribuan UMKM ini mempunyai total kepemilikan aset senilai Rp7,9 miliar. Mereka mampu menyerap tenaga kerja 7.186 orang yang sebagian besar berada di jenis usaha makanan dan minuman, agribisnis lalu handycraft.

Dengan nilai aset antara Rp10 juta sampai Rp200 juta dari setiap pelaku, UMKM ini masih mampu bertahan dan berdiri. Hal ini didukung koperasi yang mampu menyediakan modal bagi para pelaku UMKM.

“Ada 567 koperasi saat ini yang sudah secara reguler mampu memberikan modal kepada pelaku UMKM dengan persyaratan yang mudah,” kata Suharna yang menggulirkan program kepada para pelaku UMKM untuk membentuk kelompok usaha agar dapat mengakses mudah permodalan.

Kelompok-kelompok pelaku UMKM ini berpotensi besar dalam pembentukan koperasi. Selanjutnya koperasi dapat menyediakan permodalan dengan mudah, menyediakan bahan baku dan dapat dibeli dengan harga murah. Ditambah sarana menabung yang aman dan murah.

“Setiap pelaku UMKM di suatu wilayah itu didorong membentuk koperasi, namun tidak dengan tiba-tiba melainkan melalui pendekatan usaha. Akhirnya mereka pun menyadari pentingnya koperasi,” kata Suharna.

Sumber: http://www.inilahkoran.com/read/detail/2004333/minat-usaha-di-sumedang-tumbuh-pesat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top
More in Berita Sumedang, Ekonomi & Bisnis (208 of 534 articles)
Guru TK