BEWARA!
You are here: Home >> Berita Sumedang >> Proyek Tol Cisumdawu Dipercepat
Proyek Tol Cisumdawu Dipercepat

Proyek Tol Cisumdawu Dipercepat

SUMEDANG – Mega proyek pembangunan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) sepanjang 60,11 km dipercepat. Percepatan ini untuk mendukung rencana pembangunan Pelabuhan Cirebon dan Bandara Internasional Kertajati Majalengka yang ada di wilayah timur Jabar.

Berdasarkan pemantauan klik-galamedia.com di lapangan, Rabu (12/6/2013), pembangunan Tol Cisumdawu yang diperkirakan menelan biaya antara Rp 7,5-Rp 8 triliun itu, masih menjadi perhatian pemerintahan setempat dan warga pemilik lahan yang terkena proyek pembangunan jalan tersebut.

Berdasarkan sumber di lapangan, pengerjaan pembangunan Tol Cisumdawu itu masih terkendala pembebasan lahan. Soalnya, belum seluruh lahan yang akan terkena pembangunan tol dibebaskan. Pembebasan lahan pun masih dilakukan secara bertahap, yaitu dari mulai Kec. Tanjungsari, Pamulihan, Sukasari dan Kec. Rancakalong, Kab. Sumedang. Sedangkan untuk di Kec. Jatinangor, dikabarkan belum ada pembebasan lahan. Sementara kawasan Jatinangor itu sebagai muka barat Kab. Sumedang yang akan menjadi jalur tol.

Kepala Satuan Kerja Jalan Pembangunan Percepatan Tol Cisumdawu, Ir. Subagus Dwi Nurjaya M.Sc., mengatakan, pembangunan Tol Cisumdawu ini terbagi dalam enam sesi/tahap. Sesi pertama adalah Cileunyi-Rancakalong sepanjang 9,80 km, sesi 2 Rancakalong-Sumedang 17,51 km, seksi 3 Sumedang-Cimalaka 3,73 km, sesi 4 Cimalaka-Legok 6,96 km, seksi 5 Legok-Ujungjaya 16,35 km dan seksi 6 Ujungjaya-Dawuan Kertajati 4,00 Km.

Dijelaskan Subagus, pengerjaan pembangunan Tol Cisumdawu itu dihadapkan pada kendala teknis. Kendati demikian, kata dia, kesiapan lahan menjadi perhatiannya untuk mempercepat pengerjaan pembangunan tol.

“Dengan adanya kesiapan lahan, pengerjaan pun akan berjalan dengan baik. Minimal, hingga sesi dua bisa segera dituntaskan dalam pengerjaannya,” harapnya.

Untuk mempercepat pembangunan tol tersebut, kata Subagus, pengadaan lahan masih menjadi kendala. Untuk itu, pemerntah pusat dan daerah bekerjasama untuk mencari solusi terbaik dalam menyelesaikan pembebasan lahan. “Dengan harapan lahan yang akan digunakan untuk pembangunan tol segera bisa direalisasikan sesuai dengan aturan yang berlaku,” katanya.

Ia juga menjelaskan anggaran yang akan terserap cukup besar dalam pembangunan Tol Cisumdawu itu, di antaranya dalam penyelesaian pengerjaan sesi/tahap dua. Pada sesi dua itu ada pengerjaan pembangunan jembatan, dua terowongan yang terpisah dan pengerjaan galian lainnya.

“Kami berharap pengerjaan sesi dua itu bisa selesai pada tahun 2016. Dengan adanya penyelesaian jalur jalan tol sesi dua itu, bisa digunakan lebih awal untuk mengurangi beban kendaraan di jalur Jalan Cadas Pangeran. Kami pun berharap pembebasan lahannya segera tuntas,” katanya.

Sumber: Galamedia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top
More in Berita Sumedang, Infrastruktur (219 of 534 articles)
Tol Cisumdawu